Saturday, January 8, 2011

Sekilas mengenai Qatar

Sekilas mengenai Qatar
Kalau di lihat di google map, negara mungil  ini merupakan peninsula kecil dengan luas sekitar 11,500 km persegi. Kita hanya perlu kurang dari 6 jam untut mengelilinginya dengan kendaraan, itupun termasuk stop untuk mengambil foto.
Dikatakan sebagai peninsula, karena sebagian besar negara ini menonjol keluar jazirah arab.
Tanjung ini membentuk semacam peninsula,  dikeliling garis pantai teluk Persia sepanjang 563 km, dan didarat hanya berbatasan dengan Saudia sepanjang 60km.
Luasnya ga seberapa, namun kandungan migas dibawahnya yang membuat negara ini masuk dalam strategi negara ad daya..
Sebagian pendapat malah mengkatagorikan Negara ini sebagai negara kota, layaknya tetangga kita singapura, karena kota kota satelit yang dikenal municipaln nyaris tanpa batas dengan ibukotanya.
Doha diwaktu malam (by sxgani)
Foto  :Doha diwaktu malam (by sxgani)
Ibukotanya adalah Doha, berasal dari kata Ad Dawha  yang berarti  pohon rindang yang menaungi bunga bunga yang indah..
Berdasarkan sensus 2008, penduduk di Qatar hampr mencapai 1.560.000 orang,  dimana hanya sekitar 800.000 adalah Qatari.
GDP per capita tahun 2008 sebesar  $110.000, tak ayal merupakan salah satu negara pilihan menarik buat mengadu keberuntungan..
Menarik sekali untuk diketahui, bahwa bahasa resmi mereka adalah arab, namun hampir semua penduduk asli bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris.
Padahal, berdasarkan fakta, konon dekade yang lalu, masih banyak yang buta aksara
Kota kota lainnya adalah Dukhan dibarat, Ruwais dan  Al Khoir di utara , Wakra dan  Messaid diselatan dihubungkan dengan jalan yang mulus; anda bisa kebut maximum 120 km/jam tanpa ditangkap oleh radar.
Selingkuh antara tradisional dan modernisasi yang harmonis (by sxgani)
Foto :Selingkuh antara tradisional dan modernisasi yang harmonis (by sxgani)
Cornieche di Doha  mungkin merupakan bagian yang paling spektakuler dan menarik.
Terletak di sepanjang garis pantai menghubungkan Pasar traditional / Souq dengan pusat bisnis, modernisasi perkotaan dengan gedung yang menjlang.
Seperti halnya di dubai, doha merupakan sorganya para arsitek berimprovisasi dalam rancangannya.
Karenanya disini sangat banyak gedung gedung yang dibangun dengan arsitektur modern dan sedikit nyeleneh.
Ada gedung bentuknya melintir seperti gasing layaknya tornado, ada yang zigzag menjulang, ada yang seperti nyaris kondom tegang he he  he  ………
Tempat jogging dan jalan santai dipagi hari  dan duduk bersama keluarga di malam hari di bawah rindangnya pohon kurma, merupakan pandangan yang biasa di Corniche. Suatu perubahan yang sangat cepat dalam tempo 15 tahun.  Padahal dulunya . penduduk asli, Bedouin adolah nomaden ” the true wanderers”.  Konon  selain sebagai penyelam mutiara handal, komunitas nomaden  gurun pasir begantung hidup dengan memelihara ternak dengan berpindah pindah. Sebagai nomaden tentu saja kendaraaan mereka  adalah kuda dan onta.
Bentuknya itu lho, tegang ...(sxgani)
Foto  :  Bentuknya itu lho, tegang   !…mengingatkan sesuatu  (sxgani)
Ops…, itu dulu, kalau sekarang tunggangan mereka, four wheel drive yang nyaris langka dinegara kita.
Minyak telah merubah ekonomi negara ini sejak ditemukan tahun 1939 dan mulai diproduksi setelah perang dunia kedua, 1949.
Tahun 1971 menjanjikan prospek cemerlang bagi negara ini, ketika ditemukan sumber gas alam terbesar ketiga setelah Rusia dan Iran.
Lokasi ladang gas yang terletak dilepas pantai seluas  6000 km persegi diteluk Persia yang strategis itu.
Produksi elenji mulai ditahun 1988, dan sperlahan tapi pasti mulai menggeser supremasi produsen elenji saat itu, Indonesia tercinta yang produksinya mulai menurun.
Asal tahu aja, sumber gas alam di Arun field di provinsi Aceh ,saat ditemukan “hanya” berjumlah 19tcf (trilion cubic feet)  bertahan lebih dari 25 tahun, sedangkan sumber gas di lepas pantai mereka sekitar 900 tcf.  Apabila sumber gas ini dikelola dengan kapasitas besar seperti saat ini, maka sumber gas inipun baru akan habis 300 tahun kemudian.
Cornieche (by sxgani)
Foto :  Cornieche (by sxgani)
Hampir semua pelayanan pemerintah untuk masyarakat sudah sangat maju dan cukup dengan sekali klik di internet.
Bayar tagihan telpon, listrik/air, denda lalulintas, perpanjang asuransi  kesehatan, perpanjang visa, exit permit semua online, gak perlu ngantri ato nyogok!
Semua residen  tanpa terkecuali, termasuk penduduk asli harus memiliki kartu identitas, semacam smart card.
Semua data diri anda di bank, sim, visa. health card dan diperusahaan pelayanan masyarakat (listrik, telpon dll) berdasarkan id-card ini. Jadi nomor identitas harus hapal luar kepala. Bagi masyarakat Indonesia yang mukim disini, ada lagi keuntungan tersembunyi dari id-card ini.
Kalau data pekerjaan anda tertulis dalam bahasa arab sebagai Mudheer atau  Muhandis; akan memperoleh kemudahan dalam hal masuk kenegara lain di timur tengah lainnya.
ngamen dulu akh  (sxgani)
Foto :  Anak muda ......ngamen dulu akh (sxgani)
Bila ingin berpergian kenegara arab lainnya, nggak usah repot repot  minta visa ke kedutaan negara itu.
Di terminal kedatangan, sebelum paspor di cap imigrasi, cukup dengan menunjukan paspor dan id-card, semua lancar.
Khusus di imigrasi UAE untuk pertama kalinya harus scan mata sebelum paspor distempel imigrasi.
Diluar katagori pekerjaan itu, ya…. harus minta visa dulu….. karena mereka kuatir tenaga non trampil gelap mau cari kerja ke negara mereka,   prihatin khan ?
Beda dengan pemegang paspor malayssia, thailand dan singapore yang semuanya bisa visa on arrival, terlepas apapun pekerjaan mereka.
Bukannya ngiri lho, tapi mbok…. maunya kita juga buat perjanjian untuk perlakuan imigrasi yang sama dengan negara mereka…… khan merka kalau ke Indonesia konon bisa juga dengan visa on arrival…….
Satu lagi, penjual asongan, peminta minta, tukang parkir, tukang lap kaca mobil diperempatan  dan   ngamen…..adalh profesi yang pasti ditangkap polisi  dn  dijamin pasti di deportasi sebelum masuk penjara tentunya……
Demikian, sekilas negara kecil mungil tempat mencari keberuntungan…..
Salam
sxgani

No comments:

Post a Comment