Saturday, January 8, 2011

Tabung LPG Transparan Anti Oplosan

Tabung LPG Transparan Anti Oplosan
Dimana ada semut, disitu ada gula,……dimana ada berita , disitu ada peluang.
Pernahkah  membeli elpiji, dan baru beberapa hari digunakan … eh   …. elpijinya habis!
Sebagian besar mengatakan pernah mengalami kejadian ini, padahal frekuensi penggunaan elpiji terebut biasa biasa saja.  Curiga khan boleh boleh saja.
Btw, elpiji ada tiga macam , yaitu prophane (C3), butane (C4) dan mix prophane butane.
Nah yang dijual dipasaran untuk kebutuhan bahan rumah tangga adalah mix C3-C4 karena produksinya tidak nyelimet dibanding dengan produksi C3 dan C4 murni.
Bagaimana mengetahui apakah tabung elpiji itu masih berisi ?
Letakkan tabung  dalam posisi terguling, gunakan tangan untuk menggerakan tabung sebentar… lalu lepaskan. Perhatikan, apabila tabung tersebut masih tetapi bergerak……..bergoyang  pelan pelan, berarti masih ada cairan didalamnya!
Kalau isi tabung tersebut masih juga tidak dapat digunakan, artinya cairan itu bukan cairan  elpiji. Kemungkinan besar isinya itu adalah fraksi berat dari produk migas misalnya condensate (C5, C6). Di dunia industri dasar condensate ini lebih dikenal dengan nama solvent , salah satunya digunakan sebagai bahan obat nyamuk aerosol atau cairan pembersih karat.
Condensate ini merupakan cairan yang mudah terbakar , namun memerlukan batas temperatur tertentu untuk merubahnya dari fase cairan ke fase gas. Itulah sebabnya tabung elpiji masih ada cairannya tetapi ternyata tidak bisa digunakan, karena temperaturnya belum cukup untuk memicu proses gasifikasi.
Kemungkinan lain , cairan tersebut adalah nitrogen cair yang sengaja dimasukan  sata pengisian, yang sedikit memerlukan keakhlian.
Konon dinegara antah berantah, …… seklai lagi di negara antah berantah sana……..jenis penipuan dan oplosan isi tabung elpiji sudah sangat umum dan bukanlah rocket science. Saking jamaknya, pengoplosan dilakukan di tingkat distributor maupun ditingkat pedagang eceran.
Hanya  dengan bermodalkan 2 (dua) selang metal  tekanan tinggi (HP Corrugated metal hoses) , dua buah katup presisi untuk tekanan tinggi-suhu rendah, satu buah indikator tekanan dan satu pompa vakum yang bisa beroperasi di suhu rendah…… siap dah untuk mengoplos !!!!.
Saat melakukan pengisian elpiji, tabung di-isi juga dengan nitrogen cair  atau condensate. Tujuannya untuk mengurangi jumlah elpiji yang diisi, namun  beratnya keseluruhan isi tabung tetap sama sesuai dengan sepesifikasi, misalnya 12kg. Dan cairan Non elpiji ini akan tetap berada didalam tabung, sehngga ketika tabung kembali ke distributor, elpji yang isi ulang tetap lebih sedikit jumlahnya.  Silklus lingkaran setan penipuan berlanjut terus !!
Modus lainnya adalah, dengan pencangkokan  1 (satu) tabung elpiji kosong dengan 4 (empat) tabung elpiji isi penuh.  Masing masing tabung isi penuh tersebut, diambil 20% isisnya dan dipindahkan ke tabung yang kosong.  Alhasil  dari 4 tabung elpiji isi penuh disulap menjadi 5 tabing elpiji siap jual.
Resikonya : kalu tidak hati hati, ya dijamin akan terjadi ledakan besar, dan tukang oplos (bukan pemiliknya) dijamin sembilan puluh sembilan persen jadi korban.  Syukur kalau masih bisa diidentifikasi…..
Tabung LPG Transparan, anti oplosan
Tabung LPG Transparan, anti oplosan
Nah, Mungkin banyaknya kasus LPG oplosan inilah yang menjadi dasar diciptakannya botol LPG transparan anti oplosan. Tapi perusahaan penciptanya bukan dari negeri tercinta, tetapi nun jauh di Norway dan di Czech sana.
Tabung elpiji tembus pandang ini dibuat dengan bahan jenis komposit fiberglas dan plastik. Berat kosong tabung elpiji transparan ini hanya separuh dari berat tabung elpiji yang dibuat dari  besi itu.
Teknik pembuatannya menggunakan teknologi mutakhir sehingga tabung ini ringan, aman  dan  sudah terbukti tahan ledakan saat terjadi kebakaran.  Bentuk rekayasa tabung ini cukup menarik, sedikit mengalami perubahan untuk melindungi katup keselamatan saat  tabung ini digunakan dan juga anti cangkokan.
Dalam uji daya tahan dan kekuatan , tabung transparan ini diisi elpiji dibakar samapi mencapai tenmperatur tertentu  dan terbukti tidak meledak.
Tentu saja ini berita baik buat konsumen  dan berita buruk buruk buat penjual elpiji ayang suka main oplosan, mengurangi isi takaran elpiji.
Keuntungan lainnya dari tabung transparan ini adalah  pembeli bisa melihat level isi elpiji didalam tabung ini.
Ketika membeli elpiji atau menukar dengan yang isi ulang,  pengguna tidak perlu mengetes berat tabung beserta elpiji didalamnya. Cukup dengan melihat indikator /level glass yang tersedia didalam tabung transparan ini.
Bila isinya di-oplos atau dikurangi, maka calon pembeli dapat langsung mengetahuinya. Demikian pula,  pengguna dapat merencanakan penggantian tabung  dengan tabung yang berisi elpiji baru,  dengan melihat sisa elpiji dalam tabung secara rutin.
Jadi, tabung elpiji ini ga perlu diangkat angkat, ga perlu diguncang guncang untuk mengecek isinya…. siiip khan !!?!
Sayangnya tabung elpiji transparan ini belumlah akan sampai kenegeri kita tercinta dalamkurun waktu lima tahun mendatang. Pasalnya produksi tabung elpiji transparan anti oplosan ini masih rendah, konon baru 100 ribu tabung per tahun dan harganya masih sekitar 1 jt rupiah, ex fabrikan. Mereka masih memperioritaskan kepda negara sekitarnya, termasuk di timur tengah yang sudah mulai memasarkan LPG denga tabung model baru ini. Padahala disini enggak ada kasus oplosan  he  he  he  .
So, para penipu, para oplosan masih bisaaaaaaaaa terus menipu…. sampai ditangkap pak polisi…………….Lagian kita khan masih disibukkan dengan tabung buat cina itu lho!
Salam
Sxgani doha@22.00

No comments:

Post a Comment