Saturday, January 8, 2011

Menentang Arus, Membela Kaum Tertindas

Menentang Arus, Membela Kaum Tertindas
Kalau anda sudah bosan menala kanal televisi BBC maupun CNN yang selalu berpihak membela kepentingan barat, ada alternatif baru nih.  Selain kanal Al-Jazeera yang sekarang tidak se vokal dulu , simaklah kanal televisi Press tv  dari Iran.
anti imperialist
Salah acara paling gress dan diminati, konon dengan rating yang sangat tinggi adalah acara interaktif bernama Comment. Acara ini disiarkan langsung pada kamis malam jam 18.00GMT  dan siaran ulangnya pada hari jumat, jam 16.00 GMT..
Pemandu acaranya adalah anggota parlemen Inggris benama George Galloway, anti imperialis, pembela humanisme, pembela kaum tertindas dan pembela kaum minoritas.
Siapa George Galloway ? lahir 16 August 1954, politikus , penulis, penyiar, aktivis anti perang dan anggota parlemen Inggris sejak 1987 dari partai buruh. Dia sangat terkenal didunia Arab, karena keberpihakannya kepada Palestina, Hezbollah dan Iraq.
from children to children
from children to children
George adalah penentang perang teluk jilid 1 dan perang teluk jilid 2 berikut sangksi yang diterapkan kepada rakyat Iraq, sehingga tidak disukai dikalangannya sendiri.
Bahkan, di bulan Juni 2003, George harus berurusan dengan pihak berwenang karena pernyataan kontroversinya.  Mau tahu pernyataanya ?:”No wolf would commit the sort of crimes against humanity that George Bush committed against the people of Iraq
Pada bulan Juni 2005, lagi lagi George membuat pernyataan kontroversi saat muncul di kanal televise  Al-Jazeera:” Bush, and Blair, and the prime minister of Japan, and Silvio Berlusconi, these people are criminalsdan dilain kesempatan dia membuat pernyataan tanpa beban :George Bush and Tony Blair are not Christians. Religious people believe in the prophets, peace be upon them. Bush believes in the profits and how to get a piece of them”
Kembali ke acara interaktif comment press tv, topik utama yang selalu menjadi menu  tetap adalah sekitar  Palestina, Gaza  dan nuklir Iran.
Asyiknya, bila ingin ikut diskusi  interaktif, tidak perlu keluar duit buat long distance call. Cukup mis-call nomor  studio mini Press TV di london, atau kirim sms, dan kita akan dihubungi kembali. SiiiiP !
Disalah satu diskusi interaktif, ada pertanyaan pemirsa : “George, what is the function of UN security council when israel entered Gaza and killing palestina in 22 days?”
Tahu jawabnya ?   :”Sleeping !! and Obama got noble prize which actually not deserve to” Asal tahu saja, Pemirsa yang ikut acara interaktive ini dari penjuru dunia, karena siaran press tv  disiarkan langsung, menggunakan berbagai macam satelit.
perjalaanan viva palestina
perjalaanan viva palestina
Awal 2009, George turun langung ikut mengumpulkan dana sebesar ₤1 juta dalam 4 minggu buat viva palestina.org. Program humanitarian ini tentu saja menjadi topik bahasan di acara interaktif  comment. Perjalanan dimulai pada tanggal 13 januari 2009,  dari  eropa ke jalur gaza sepanjang 5000 mil melalui Belgium, France, Spain, Morocco, Algeria, Tunisia, Libya dan Egypt.
Jumlah kendaraan yang digunakan sebanyak 120 kendaraan lengkap dengan bantuan kemanusiaan termasuk ambulans dan truk pemadam kebakaran. Pada tanggal 9 Maret 2009, konvoi ini tiba di gaza strip dengan  tambahan kendaraan sebanyak 180 buah truk lengkap dengan bantuan makanan dan obat obatan, sumbangan dari Kaddafi Foundation !!!
fire truck for Palestine
fire truck for Palestine
Desember 2009, viva palestina melakukan lagi konvoi humanitarian dengan diikuti 400 peseta dari 17 negara menggunakan 150 kendaraan penuh dengan obat obatan dll.
Sayangnya sampai saat ini, konvoi bantuan makanan dan obat obatan  tersebut masih nyangkut dikota Aqaba, di perbatasan Mesir-Jordan……., diblokir pemerintah Mesir, konon atas permintaan Israel.
Sejak 27 desember, peserta konvoi viva palestina ini melakukan mogok makan , sampai diizinkan masuk ke jalur Gaza melalui mesir.
Makanya diacara comment kemarin, George masih menghimbau kepada semua yang peduli dengan penderitaan palestina untuk melakukan petisi ke kedutaan mesir di seluruh dunia. !
Salam
Sxgani, doha 212010
Catatan : semua thumbnails diunduh dari http://www.vivapalestina.org/

No comments:

Post a Comment